Senin, 11 Mei 2020

NUZULUL QUR'AN (MATERI KELAS 8 Tgl 12 Mei 2020)

Assalamu'alaikum wr wb...

Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan keselamatan kepada kita semua. Tetap semangat stay at home ya anak-anak..Hari ini Selasa tgl 12 April 2020 materi yang akan kita pelajari adalah tentang NUZULUL QUR'AN..Adapun penjelasannya anak-anak bisa melihat tausiyah dari video berikut dan artikel dibawah..

Selamat membaca dan menyimak ya....

Pengertian Nuzulul Qur’an


Nuzulul Qur’an adalah turunnya Al-Quran pertama kali yaitu tanggal 17 bulan Ramadhan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran tersebut diturunkan melalui Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama surat Al-Alaq ayat 1-5. Ketika wahyu ini diturunkan pada Nabi Muhammad, beliau sedang berada di Gua Hira. Saat itu tiba-tiba Malaikat Jibril datang kepadanya dan menyampaikan wahyu tersebut.
Nabi Muhammad saat itu hanya seorang diri dan langsung ketakutan. Tubuhnya bahkan sampai menggigil. Kemudian Nabi Muhammad SAW pulang dan menceritakan pengalaman yang dialaminya kepada isterinya, Khadijah. Sejak peristiwa itu Nabi pun mendapatkan gelar kerasulannya. Rasul adalah seorang nabi yang mendapatkan wahyu untuk disebar luaskan kepada umat manusia.

Kapan Nuzulul Qur’an Terjadi?

Saat wahyu pertama Nabi Muhammad SAW berupa Al-Quran diturunkan, Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira. Ketika tiba-tiba Malaikat Jibril muncul dan menyampaikan wahyu tersebut pada Rasul. Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq ayat 1-5.

Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, ada beberapa perbedaan pendapat di antara para ulama, sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadan pada tanggal 17 (Al-Bara’ bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’ )

Namun dalam surat al-Baqarah ayat 185, diterangkan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Mengenai hal ini hampir semua ulama kemudian bersepakat. 

شهر رمضان الذى انزل فيه القرأن هدى للناس وبينت من الهدى والفرقان<>

Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Hanya saja para ulama berbeda pendapat mengenai tanggal turunnya Al-Quran di bulan Ramadhan ini. Imam Ibnu Ishaq berpendapat bahwa tanggal turunnya Al-Quran adalah tanggal 17 Ramadhan pada tahun 41 dari kelahiran Rasulullah SAW. Hal ini berdasar pada surat Al-Anfal ayat 41:

ان كنتم امنتم بالله وماانزلنا على عبدنا يوم الفرقان يوم التقى الجمعان
“Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa[615] yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Hari bertempurnya kedua golongan itu adalah antara kaum muslimin dengan musyrikin, yaitu hari perang Badar tanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriah. Mengenai hal ini Imam Thabari menjelaskan dengan sanad dari Hasan bin Ali:

كانت ليلة الفرقان يوم التقى الجمعان لسبع عشرة من شهر رمضان
Malam al-Furqan (malam diturunkannya Al-Quran ) adalah bertepatan hari pertempuran dua golongan yakni pada 17 bulan Ramadhan.

Artinya pada 17 bulan Ramadhan adalah momen penting dalam sejarah Islam, selain hari berlangsungnya perang Badar, juga merupakan waktu pertama kali diturunkannya Al-Quran kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril.

Adapun surat pertama yang diturunkan adalah surat Al-Alaq. Begitulah seterusnya Alqur’an diturunkan secara berangsur-angsur hingga yang terakhir adalah ayat dari surat al-Maidah ayat 3.

Hikmah Nuzulul Quran

Al-Quran merupakan panduan bagi semua umat manusia agar manusia tahu jalan yang benar dan memperoleh kebaikan serta menghindari yang dilarang dan supaya mereka terhindar dari keburukan. Kitab suci umat Muslim tersebut terdiri dari tiga aspek yang masing-masing meliputi aspek tauhid, risalah, serta aspek hari yang dijanjikan setelah kematian umat manusia.

Dalam Al-Quran juga kita diajarkan tentang nilai- nilai dan tuntunan hidup, agar senantiasa dijauhkan dari segala hal yang tidak dikehendaki oleh Allah SWT. Maka berpegang teguhlah pada Al-Quran. Sebab tidak ada pilihan panduan hidup lain yang lebih baik dari nilai- nilai yang sudah tertulis dalam Al-Quran.

Al-Quran juga merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW dan sebagai panduan terbaik agar tidak tersesat dalam menjalani kehidupan. Bahkan Al-Quran sangat unik dan juga teruji kebenarannya. Seperti yang telah di tunjukkan Rasulullah bersama para sahabatnya. (surah al-Baqarah ayat ke-23):

“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al-Quran itu dan ajaklah penolong- penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.”


Wassalamu'alaikum wr wb

Note: tetap semangat
         #stay at home
        # belajar dirumah asik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P5P2RA

  ANAK_ANAK besok dibawa yaaaa...kita mau main2 membuat lilin dari mijel..